5 PRINSIP DASAR YANG MESTI DIMILIKI PEMAIN FUTSAL

5 PRINSIP DASAR YANG MESTI DIMILIKI PEMAIN FUTSAL

Roni Raweri Sport Center - Sebelum kita menerapkan Program Latihan Fisik Futsal ada baiknya para pemain kita diberikan dulu pemahaman tentang 5 Prisnsip dalam Bermain Futsal.

Kita yakin setelah para pemain memahami 5 prinsip ini kualitas permainan secara tim maupun individu pasti akan meningkat jauh lebih baik lagi.

Kelima prinsip dasar ini bisa kita terapkan saat kita berlatih atau saat kita bermain, Dibawah ini merupakan 5 Prinsip dasar dalam Bermain Futsal

1. Speed (kecepatan)

Prinsip utama dalam bermain futsal adalah kecepatan karena lapangan yang digunakan berukuran kecil. Setiap pemain dituntuk untuk terus bergerak cepat dengan bola ataupun tanpa bola untukmengecoh dan menyulitkan lawan.

2.Fast Moves

Prinsip dalam Bermain Futsal yang kedua Sama halnya dengan kecepatan, setiap pemain juga harus mampu fast moves dengan bola ataupun tanpa bola dan saat rolling antara pemain satu dan lainnya. bergeraklah dengan cepat untuk memudahkan permainan kolektivitas dan menciptakan banyak peluang sampai terciptanya banyak gol.

3. Tactics (taktik)

Dalam Futsal setiap tim diperbolehkan melakukan pergantian pemain dengan jumlah yang tak terbatas, bisa dilakukan pergantian 1 per 1 bahkan bisa 2 pemain sampai 4 pemain sekaligus. hal ini biasanya dimanfaatkan oleh pelatih yang cerdik dalam merotasi pemainnya tergantung pada situasi pertandingan yang sedang dihadapinya. dalam situasi tim terdesak dan tertinggal bukan tidak mungkin penjaga gawang pun diganti menjadi pemain depan untuk bermain power play.

Formations (Formasi)

Inilah yang menjadi pembeda setiap tim futsal. Negara-negara Eropa seperti Spanyol menerapkan sistem 4-0 ketika bertahan dan 0-4 saat menyerang. sistem ini akan sangat kuat ketika bertahan dan akan sangat mengeikan pada saat penyerang, untuk bisa menerapkan formasi ini diperlukan Stamina yang luar biasa.

Di Negara Asia termasuk Indonesia cenderung menerapkan formasi3-1, 1-3 dan 1-2-1. Tapi pada dasarnya formasi itu akan berubah sesuai dengan situasi yang terjadi saat pertandingan.

5. Defending (Pertahanan)

Prinsip Bermain Futsal yang terakhir adalah bertahan, Pertahanan suatu tim bisa dijadikan patokan sejauh mana kualitas dari tim itu sendiri. Kalau pertahanan suatu tim sudah sangat sempurna ketika musuh kehilangan bola situasinya bisa berbalik sangat mengerikan bagi musuh bahkan bisa terjadi sebuah gol. sistem bertahan yang paling efektif saat ini adalah sistem man to marking, yaitu mengawal langsung pemain lawan satu lawan satu sehingga akan menyulitkan musuh untuk membuka ruang gerak mereka. Alhasil permainan musuh tidak akan berkembang.

Salam olahraga